Tahukah kamu di mana bisa menemui burung seperti kutilang, walet dan tekukur yang terbang bebas di Jakarta? Atau tahukah kamu bahwa di Jakarta masih bisa ditemui satwa seperti biawak, bajing dan monyet? Pernahkah kamu kebingungan mencari lokasi-lokasi wisata di Jakarta yang dekat dengan tempat tinggal mu? Inginkah kamu mendapatkan info tentang tempat pendaur ulangan kertas, plastik, besi di sekitar rumah kamu? Atau mungkin juga kamu ingin bersepeda ke kantor atau mall, tapi gak tahu jalur-jalur yang aman?

Ada banyak informasi yang kita butuhkan untuk mendukung gaya hidup ramah lingkungan, tapi gak tahu harus tanya ke mana atau siapa. Nah...untuk itu rasanya perlu dibuat sebuah peta yang menyediakan informasi-informasi seperti yang digambarkan di atas. Peta ini dikenal dengan Peta Hijau Jakarta.

Mengingat peta hijau ini dihasilkan dari partisipasi warga setempat, maka dalam pembuatannya akan dibutuhkan sekelompok relawan yang membantu mengumpulkan dan mengompilasi info-info lokasi yang dibutuhkan dalam pembuatan Peta Hijau Jakarta.

Bagi yang berminat untuk menjadi relawan dalam pembuatan Peta Hijau Jakarta, komunitas Green Map Indonesia akan menyelenggarakan sebuah workshop. Mengingat peta ini merupakan sebuah karya lintas komunitas, maka workshop ini terbuka bagi berbagai komunitas yang ada di Jakarta. Nantinya nama komunitas-komunitas yang ikut berpartisipasi akan dicantumkan di peta ini.

Agendanya apa saja?

- Pengenalan mengenai konsep Peta Hijau Jakarta
- Pengenalan icon2 untuk menandai lokasi pada peta hijau
- Cara memilih icon yang tepat
- Praktek lapangan ke Monas (naik busway).

Siapa saja yang bisa jadi peserta workshop?

- Siapa saja bisa, laki atau perempuan, tua atau muda, pelajar atau pekerja kantoran
- Karena kita akan membuat peta, pastinya peserta harus bisa membaca peta
- Bersedia menjadi relawan untuk pembuatan Peta Hijau Jakarta

Berapa biayanya?
Jangan khawatir....workshop ini GRATIS! Dan peserta akan mendapatkan SNACK. Namun diharapkan untuk membawa air minum sendiri untuk mengurangi sampah plastik dari air mineral.

Bagi yang berminat untuk ikut serta, ayooo....segera mendaftarkan diri ke Sdr. Bayu Wardhana di bayumail[at]gmail.com dan HP: 0817 128615, paling lambat hari Kamis, 7 Agustus 2008, pk. 23.00.

Added by andik on August 4, 2008

Interested 1