Jl. HR Rasuna Said 22, Kuningan
Jakarta, DKI Jakarta 12940

Dalam setahun, cukup banyak kegiatan perbukuan yang besar di Indonesia, mulai dari Pesta Buku yang diadakan di setiap kota pada pertengahan tahun, Indonesia Book Fair pada kuartal ketiga, dan lainnya.

Namun dalam kegiatan-kegiatan tersebut, porsi waktu lebih banyak diberikan kepada para penerbit, penulis, atau pekerja buku. Sementara para pembaca – entah yang bergabung di dalam kelompok/komunitas atau perseorangan – tidak mendapatkan cukup banyak perhatian agar turut merasakan “perayaan” yang diusung oleh kegiatan-kegiatan tersebut. Seolah-olah pemberian diskon ataupun undangan peluncuran buku sudah dianggap cukup bagi pembaca. Padahal sebenarnya, para pembaca membutuhkan lebih dari itu.

Yang absen dari kegiatan-kegiatan tersebut adalah “ruang interaksi” bagi para pembaca. Juga ruang interaksi antara para pembaca dengan penulis yang telah menceritakan kisah-kisah yang begitu luar biasa untuk diikuti dan dikagumi. “Ruangan interaksi” ini dibutuhkan dan diinginkan oleh para pembaca sebagai tempat untuk membicarakan apa yang menurut mereka menarik dan penting untuk dikomunikasikan ke pembaca lain ataupun orang lain. Lewat interaksi inilah para pembaca bisa mengubah dirinya menjadi “agent of change” agar masyarakat yang lebih luas menyukai kegiatan membaca.

Goodreads Indonesia bermaksud menyediakan "ruang interaksi" itu melalui acara “Festival Pembaca Indonesia 2010”, yang merupakan kegiatan non-profit dalam bentuk rekreasi baca yang diselenggarakan oleh pembaca, untuk pembaca, serta masyarakat umum.

Official Website: http://www.goodreads.com/topic/show/416725

Added by seika on November 18, 2010

Interested 2