Pantai Padanggalak, Sanur
Denpasar, Bali

Memeriahkan HUT ke-50 Pemprop Bali dan HUT ke-63 NKRI, Persatuan Layang-layang Indonesia (Pelangi) Daerah Bali menggelar Bali and International Kite Festival (BIKF) 2008. Kegiatan ini mengangkat tema 'Terbang untuk Perdamaian (Flying for Pecae)' dan dipusatkan di pantai Padanggalak, Denpasar dari 10 - 13 Juli 2008. Lebih dari 1.000 sekaa dari seluruh Bali akan menampilkan karyanya untuk memperebutkan Piala Gubernur Bali.

Penyelenggaraan BIKF tahun ini telah memasuki tahun ke-30. Selain peserta lokal, peserta dari Eropa seperti Inggris, Jerman, Prancis dan Belanda telah memastikan ambil bagian. Dari Asia, pencinta layang-layang Cina Taipei, Jepang, Malaysia, India dan Korea juga telah memastikan ikut. Sementara dari Amerika telah memastikan peserta dari Amerika Serikat dan Brazil.

TEMA:
Tema terbang untuk perdamaian dipilih karena BIKF memiliki relevansi dengan program Visit Indonesia Year 2008.

KRITERIA:
- Untuk layang-layang tradisional, bentangan sayap minimal 1,5 meter dan maksimal 2 meter untuk anak-anak.

- Untuk dewasa bentang sayap minimal 4 meter dan maksimal 5 meter. Khusus jenis Janggan, bentang sayap boleh melebihi 5 meter. Warna dibatasi merah, putih, hitam dan kuning atau diambil di antara warna-warna tersebut.

- Sementara panjang tali penarik maksimal 500 meter, badan bambu, penukub kain atau parasut, penarik minimal 15 orang, konstum pakaian adat madya, bentuk (bebean, pecukan dan janggan), guwangan dewasa dari penyalin dan khusus pecukan boleh daun lontar, sedangkan anak-anak bebas. Peserta boleh menggunakan teknologi knock down tetapi kerangkanya harus dari bambu.

- Untuk kreasi baru panitia hanya menetapkan panjang tali maksimal 500 meter, kostum adat madya dan bentuk ditekankan pada ide dan kreativitas antara lain bentuk dimensi, bentuk datar dengan beban dan bentuk datar tanpa beban.

- Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, peserta dilarang memakai baju atau atribut partai politik tertentu. Bila melanggar dilarang mengikuti lomba. Penggunaan pakaian sponsor harus seizin panitia.

HADIAH:
Hadiah yang diberikan berupa uang tunai dan trofi untuk juara I, II dan III layang-layang tradisional dan layang-layang kreasi, serta piala bergilir untuk layang-layang tradisional. Pengumuman pemenang disampaikan melalui media cetak dan penyiaran.

PENDAFTARAN:
- Pendaftaran peserta dibuka sejak 2 Juni - 5 Juli 2008 di Museum Sidik Jari, Jalan Haram Wuruk
- Biaya Rp 50 ribu untuk anak-anak dan Rp 75 ribu untuk dewasa. Setiap peserta akan mendapatkan satu nomor undian doorprize dengan hadiah utama sebuah sepeda motor.

Added by theyouthcorner.bali on July 9, 2008